Bupati Muslimin Bando Temui Ratusan Pemuda HIKMA di Jakarta, Ajak Kolaborasi Membangun Enrekang

Enrekang–Metropendidikan.com.Bupati Enrekang Muslimin Bando (MB) menghadiri Pelantikan Pemuda HIKMA (Himpunan Keluarga Massen repulu). Acara ini berlangsung di Hotel Mercure Batavia, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat pada Senin (7/11/2022) malam.

Acara yang bertema ‘Kolaborasi Pemuda untuk Kejayaan HIKMA’. Pelantikan ini juga dirangkai dengan peluncuran website resmi HIKMA.

Hadir membersamai Bupati, masing-masing Ketua Umum KKSS Muchlis Patahna, para sesepuh HIKMA, Ketua DPP HIKMA Andi Rukman Nurdin Karumpa beserta Sekjen, Ketua Pemuda HIKMA Kompol Rezha Rahandhi, dewan pengurus DPP dan DPW, tokoh-tokoh masyarakat dan para undangan.

Acara ini juga dihadiri dan dihibur oleh penyanyi Charly Van Houten. Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan apresiasi atas pelantikan DPP Pemuda HIKMA ini. Ia meyakini HIKMA akan semakin besar dengan kolaborasi pemuda didalamnya.

“Pesan saya, agar pemuda HIKMA terus mengumpulkan potensi pemuda Massenrempulu yang ada di seluruh Indonesia.” kata MB.

Bupati berharap para pemuda HIKMA bisa diajaki berkolaborasi dalam pelbagai program pembangunan di Kabupaten Enrekang. Tak kalah penting, katanya, mengajak KKSS, HIKMA dan pemuda HIKMA mengawal pengakuan Massenrempulu sebagai salah satu etnis.

“Saya berharap kita kawal sama-sama hingga di pusat. Lewat DPR RI, Pemkab, DPP HIKMA, pemuda HIKMA,” tegas Bupati.

Budaya dan ciri khas Suku Massenrempulu, kata MB, harus terus dijaga dan dimunculkan sehari-hari. Seperti warna ungu, songkok, rumah adat, musik bambu, hingga tari-tarian.

“Saya ingin nantinya kalau ada acara bukan lagi disambut dengan tari 4 etnis. Tapi sudah 5 etnis,” kata Muslimin, disambut aplaus hadirin.

Ketua Umum DPP Pemuda HIKMA, Kompol Rezha Rahandhi menegaskan kesiapan membesarkan Pemuda HIKMA. Saat ini sudah terdata 500 pemuda lewat website HIKMA , mayoritas diantaranya mahasiswa.

“Kita massifkan pendataan lewat website ini untuk menjangkau sebanyak banyaknya warga Massenrempulu khususnya pemuda HIKMA di seluruh Indonesia yang masih banyak belum terdeteksi,” jelas Rezha.

Dia juga mengajak pemuda HIKMA agar tidak terpecah belah. Tetap solid dan berkontribusi positif menjelang tahun politik.

Di kesempatan yang sama, Bupati Muslimin juga menyampaikan rasa kagum dan penghargaannya, atas kerja keras Ketua DPP HIKMA Andi Rukman Nurdin Karumpa beserta para pengurus dalam melebarkan HIKMA.

“Saya berkeliling menghadiri pelantikan di berbagai daerah. Baru kali ini, HIKMA membenahi kepengurusan hingga tingkat Kabupaten/Kita se-Indonesia. Jika semuanya aktif, ditambah dengan Pemuda HIKMA, maka kurang apalagi kita?,” kata MB dengan memuji.

Tak lupa Bupati berterima kasih kepada para sesepuh dan pendiri HIKMA, atas warisan mereka berupa paguyuban yang sudah berusia 85 tahun ini.

Dengan solidaritas dan persatuan warga HIKMA, serta dengan prinsip Tobana yang selalu diterapkan, maka tidak sulit bagi siapapun warga Massenrempulu untuk sukses dimanapun berkarir.

“Kita bersatu mendukung jika ada warga HIKMA yang ingin jadi kepala daerah atau anggota dewan di pelbagai daerah,” ajak MB.

Ketua DPP HIKMA Andi Rukman Nurdin Karumpa mengaku tengah bekerja menjangkau mengaktifkan kepengurusan HIKMA hingga tingkat kabupaten kota. Jika selama ini hanya di data manual, sekarang bisa secara daring dengan adanya website resmi HIKMA.

Ia menyampaikan terima kasih atas dukungan dari Bupati, yang memberi support penuh dan selalu hadir di setiap acara HIKMA di seluruh Indonesia.**

Laporan : Muh Basir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *